Aspek Pemasaran

A. Pendahuluan
Sangat Penting bagi wirausaha merencanakan dan melakukan studi kelayakan usaha sebelum membuka usaha. Aspek yang dianalisis dalam kelayakan usaha salah satunya adalah aspek pemasaran. Berikut pembahasan aspek pemasaran.

B. Aspek Pemasaran
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan daam aspek pasar dan pemasaran, yaitu: melakukan analisis pasar, segmentasi, targeting, positioning, forecasting, menyusun dan strategi pemasaran.

C. Analisis Pasar
Analisis pasar adalah proses mengumpulkan informasi tentang pasar. Langkah-langkah dalam melakukan analisis pasar:
1) Mengukur Permintaan dan Penawaran, pemasaran adalah semua yang kita lakukan untuk mengetahui siapa pelanggan kita dan apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Pemasaran adalah cara memuaskan mereka dan memperoleh laba dengan:
  a) Menyediakan barang atau jasa yang mereka butuhkan
  b) Menetapkan harga yang bersedia mereka bayarkan
  c) Menyampaikan barang atau jasa kita kepada mereka
  d) Menginformasikan dan menarik mereka untuk membeli barang dan jasa kita.
Pada saat mengukur permintaan dan penawaran, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab:
  a) Siapakah pelanggan kita? 
  b) Dimana para pelanggan kita berada? 
2) Mencari Tahu Tentang Pelanggan dan Pesaing Kita
Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab untuk mengetahui pelanggan dan pesaing:
  a)Siapa pelanggan kita?
  b) Barang atau jasa apa yang mereka inginkan? Mengapa mereka menginginkannya
  c) Berapa harga yang bersedia mereka bayarkan?
  d) Dimana para pelanggan berada dan dimana mereka biasanya berbelanja?
  e) Kapan mereka berbelanja?
  f) Seberapa sering dan berapa banyak mereka berbelanja?
  g) Siapa para pesaing yang menjual barang dan jasa yang sama dengan yang kita jual? 
  h)Seberapa hebatnyakah para pesaing?
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti itu disebut sebagai analisis pasar. Analisis pasar sangat penting untuk bisnis kita untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan dan pesaing kita. Semakin banyak informasi yang kita miliki tentang para pelanggan dan pesaing kita, semakin baik keputusan yang dapat kita buat mengenai:
  a) Produk atau jasa apa yang akan dijual
  b) Berapa harga yang akan dikenakan
  c) Bagaimana cara menyampaikan produk kita ke pelanggan-pelanggan kita
  d) Bagaimana cara menarik mereka untuk membeli.

3) Mencari Tahu Apakah Terdapat Jumlah Pelanggan yang Cukup.
Kita tidak cukup hanya mengetahui siapa pelanggan kita apa yang mereka inginkan. Kita juga harus mencari tahu apakah terdapat pelanggan dalam jumlah yang cukup banyak. Tidak semua orang akan membeli dari usaha kita.


D. Segmentasi
Segmentasi pasar merupakan suatu proses mengidentifikasi dan membagi pasar menjadi kelompok-kelompok khusus yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan pola pembeliannya. Segmen adalah sekelompok customer yang memiliki karakteristik dan respon yang mirip terhadap suatu usaha pem asaran tertentu. Proses yang harus dilakukan dalam melakukan segmentasi pasar adalah sebagai berikut:
1) Mengenali dasar-dasar untuk melakukan segmentasi pasar
2) Memilik variabel untuk melakukan segmentasi pasar
  a) Demografis
  b) Geografis
  c) Psikografis
  d) Tingkah Laku
3) Mengembangkan profil target pasar dari hasil segmentasi pasar

E. Targeting

Targeting merupakan proses mengevaluasi ketertarikan setiap segmen pasar terhadap produk atau jasa yang dijual, kemudian memilih satu atau lebih segmen pasar yang ingin dimasuki. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih segmen pasar adalah sebagai berikut:
1) Ukuran dari segmen pasar
2) Potensi pertumbuhan pasar
3) Kompetisi pasar
4) Kemampuan perusahaan dalam bisnis yang bersangkutan
5) Sumber daya yang dimiliki perusahaan
6) Visi dan misi perusahaan
7) Segmen pasar dapat dijangkau

Dalam memilih segmen pasar untuk ditarget, haruslah mempertimbangkan dua faktor, yaitu keatraktifan pasar dan kunggulan kompetitif produk dalam pasar. Semakin atraktif pasarnya dan semakin besar keunggulan kompetitif dari produk terkait dalam suatu pasar, maka keadaan seperti ini bisa dikatakan sebagai Prime Target, yaitu sebuah pasar yang sangat potensial untuk dimasuki.
Beberapa keuntungan dalam melakukan targeting adalah sebagai berikut:
1) Perusahaan dapat memfokuskan sumber daya yang dimilikinya terhadap segmen pasar yang paling menguntungkan
2) Perusahaan dapat melakukan fokus dalam menganalisa kompetitornya
3) Meningkatkan tingkat komunikasi di antara penjual dan pembeli
4) Perusahaan dapat fokus terhadap segmen pasar yang paling dimengerti oleh perusahaan

F. Positioning
Positioning adalah suatu tindakan di mana perusahaan merancang penawaran yang mengarah ke segmen pasar tertentu dan menempati tempat tertentu di dalam pikiran segmen pasar. Dengan kata lain, positioning adalah apa yang segmen pasar tertentu pikirkan mengenai produk atau jasa perusahaan. Proses yang harus dilakukan dalam melakukan positioning:
1) Mengerti persepsi dari segmen pasar
2) Memposisikan produk atau jasa di dalam pikiran segmen pasar
3) Mengembangkan positioning untuk setiap segmen pasar
4) Mendesain marketing mix yang tepat untuk mengkomunikasikan positioning produk atau jasa kepada segmen pasar

G. Forecasting
Metode yang digunakan untuk memprediksi dan mengetahui masalah yang akan dihadpai pada kondidi yang akan datang. Bisnis menggunakan peramalan untuk menentukan bagaimana mengalokasikan anggaran mereka atau merencanakan pengeluaran yang diantisipasi untuk periode waktu mendatang.

H. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran berisi proposisi nilai perusahaan, pesan merek utama, data demografi pelanggan sasaran, dan elemen tingkat tinggi lainnya. Strategi pemasaran mencakup pesan gambar besar, sementara rencana pemasaran menggambarkan rincian logistik.

I. Marketing Mix
Marketing Mix seringkali disebut sebagai 4P yang terdiri dari Product, Price, Promotion & Place. Berikut ini adalah masing-masing pengertian dari 4 variabel Marketing Mix:
1) Product (Produk)
Sesuatu yang ditawarkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan memuaskan keingi nan dan keperluan konsumen. Produk yang ditawarkan bisa berupa barang jadi, jasa, properti dan informasi.
2) Price (Harga)
Sejumlah uang yang harus dibayarkan konsumen untuk mendapatkan produk.
3) Place (Lokasi)
Lokasi penjualan produk, jalur distribusi dan logistik perusahaan.

4) Promotion (Promosi)
Aktivitas perusahaan dalam mengkomunikasikan produk untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk tersebut.


Sumber :
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/3498/Perencanaan%20Bisnis_P2.pdf?sequence=1&isAllowed=y
http://tutor2u.net/business/presentations/marketing

https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_09-168.pdf

Komentar