Aspek Desain Produk

A. Peluang Usaha
Peluang usaha dalam kewirausahaan ialah sebuah kesempatan yang harus dan bisa dimanfaatkan oleh seorang pemilik bisnis atau wirausaha demi mendapatkan suatu tujuan tertentu yang diinginkan.
Peluang usaha adalah suatu bidang kebutuhan pembeli dimana seorang wirausaha dapat mengelola usaha di bidang tersebut secara menguntungkan.Membaca peluang pasar merupakan hal yang esensial bagi seorang wirausahawan. Kelihaian mernbaca peluang pasar tidak hanya dilakukan untuk memulai suatu usaha, namun keahlian dalam membaca peluang usaha ini juga harus dirniliki.

B. Konsep Perancangan Produk
Kebutuhan akan suatu produk pada umumnya tidak ditemukan oleh perancang, namun ditemukan oleh bagian pemasaran dan bagian-bagian lainnya di perusahaan. Kebutuhan tersebut dapat ditemukan ketika melakukan survei pasar yang menghasilkan kesimpulan perlunya dibuat suatu produk yang dapat dijual di pasar. Kebutuhan akan produk tersebut kemudian diberikan ke tim perancang untuk membuat rancangan produknya. Pada proses perancangan tersebut berlangsung dengan melalui kegiatan-kegiatan dalam fase-fase yang berurutan, yaitu (Harsokoesoemo, 2004):
  1. Fase definisi proyek, perencanaan proyek, analisis masalah, danpenyusunan spesifikasi teknis produk. 
  2. Fase perancangan konsep produk. 
  3. Fase perancangan produk.
  4. Fase penyusunan dokumen untuk pembuatan produk.

C. Pemilihan Desain Produk

Perusahaan perlu membuat keputusan mengenai produk dan jasa apa yang ditawarkan kepada konsumen serta bagaimana perusahaan merancang produk tersebut.Perusahaan harus merencanakan penggunaan teknologi yang bisa menciptakan produk atau jasa yang akan dipasarkan. Disain produk atau jasa dibuat dengan menyesuaikan dengan kebutuhan keinginan serta selera konsumen. Disain produk yang dibuat hendaknya menarik bagi
konsumen dan efektif biaya. Fleksibilitas dan inovasi secara terus menerus perlu dilakukan oleh fungsi operasi agar dapat memberikan disain produk yang menarik, dengan harga yang kompetitif karena biaya yang rendah. Disain Produk dan Jasa meliputi:
  1. Seleksi Barang Dan Jasa
    Seleksi produk merupakan pemilihan barang atau jasa yang akan diserahkan kepada pelanggan. Perusahaan perlu melakukan seleksi produknya agar berbeda dengan pesaing. Meskipun produk yang ditawarkan sama, perusahaan perlu mendeferen-siasikan produknya terhadap pesaing, agar dapat mencapai keunggulan kompetitif. Dengan kata lain, strategi produk mendukung keunggulan kompetitif.
  2. Siklus Kehidupan Produk (Product Life Cycle)
    Disain produk berhubungan dengan siklus kehidupan produk. Produk itu dilahirkan,mereka hidup dan bisa mati. Oleh karena itu mendisain produk perlu dilakukan secara terus-menerus oleh perusahaan mengikuti perubahan selera konsumen, maupun perkembangan jaman serta perubahan teknologi.
D. Dokumentasi Teknik
Dokumentasi adalah produk penulisan teknis yang merujuk pada dokumen yang berbeda dengan data dan informasi terkait produk. Dokumentasi teknis mengacu pada dokumen apa pun yang menjelaskan penggunaan, fungsionalitas, kreasi, atau arsitektur suatu produk. Dokumentasi teknis adalah sumber daya yang tak ternilai bagi pengguna Anda. Bagi tim pengembangan yang bergerak cepat dan siklus rilis produk, ini bisa menjadi tantangan untuk menjaga dokumentasi Anda tetap mutakhir, dapat diakses, dan terlihat profesional

Sumber :
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/3498/Perencanaan%20Bisnis_P2.pdf?sequence=1&isAllowed=y
http://tutor2u.net/business/presentations/marketing
https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_09-168.pdf

Komentar